Get widget

Jumat, 14 Oktober 2016

Sayur Tak Biasa, Manfaatnya Luar Biasa

Sayuran merupakan makanan yang perlu bahkan wajib dikonsumsi oleh tubuh. Di dalam sayuran terkandung berbagai macam vitamin, enzim, dan senyawa yang hanya ada pada bahan nabati, seperti antosianin dan beta karoten. Sehari-hari, banyak sekali kita jumpai sayuran, dari bayam, sawi, kangkung, wortel, dan sebagainya. Manakah yang sering kalian santap?

Mungkin kita bosan dengan sayuran-sayuran yang disebutkan di atas. Tetapi ketika mau mencoba sayuran lainnya, apalagi yang terdengar aneh di telinga, kita akan takut untuk memasaknya, mungkin khawatir karena tidak enak. Berikut ini beberapa sayur yang bisa kita masak untuk memperkaya selera, dan kami sajikan salah satu resepnya. 


Daun Cuciwis
Daun Cuciwis

Cuciwis mempunyai bentuk yang unik karena mirip sawi dalam ukuran mini. Untuk memasaknya, Anda tidak perlu memotong-motong, cukup mencuci bersih kemudian menumis dengan bumbu terasi atau dengan campuran udang. Cuciwis mempunyai khasiat menurunkan kadar kolestrol, memperlancar proses pencernaan, mengurangi resiko penyakit katarak, membersihkan kadar alkohol dalam darah, mencegah berbagai penyakit kanker, dll.

Pucuk Pakis
Pucuk Pakis
Pucuk Pakis

Daun Pakis biasa tumbuh di hutan hutan atau ngarai ngarai. Karena tumbuhnya di tempat yang sulit dijangkau, sayur pakis tergolong sayuran dengan harga yang mahal. Daun pakis biasa dimasak sebagai tumis dengan bawang putih dan cabai atau dimasak dengan santan. Namun jika salah memasak, biasanya akan bertekstur keras dan sedikit kaku. Sedikit tips, saat memilih daun pakis, pilihlah pakis yang masih kuncup, karena bercitarasa sedikit manis dan enak. Manfaatnya? Daun pakis dikenal dapat mengobati penyakit kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit reumatik.

Daun Genjer
Daun Genjer

Genjer merupakan tanaman air yang sering tumbuh bersama kangkung dan enceng gondok. Rasa genjer sebenarnya agak pahit, sehingga perlu treatment tersendiri ketika akan memasaknya, mirip seperti daun pepaya yang pahit. Biasanya, yang digunakan sebagai sayuran dari tanaman genjer ini adalah daunnya, tetapi selain daunnya, bunga genjer juga enak dimasak. Genjer dapat diolah menjadi masakan tumisan, lalap, pecel, campuran gado-gado, atau dibuat sayur bobor. Genjer mempunyai khasiat menjaga sistem pencernaan, mencegah sembelit, mencegah kanker kolon.
Nah, itu tadi beberapa diantara sayur yang mungkin jarang kita jumpai, namun mempunyai cita rasa yang unik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk pemesanan silakankunjungi www.pasarinduk.id atau hubungi 021-89836005 / whatsapp 0877-8880-8778 email info@pasarinduk.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar